GIMP (GNU Image Manipulation Program)

      Setelah mengalami masa Ujian Kenaikan Kelas (UKK) yang memusingkan, menyebalkan, membosankan (Karena harus belajar setiap saat, dan tidak di benarkan menggunakan laptop selama masa Ujian, padahal waktu SD setiap Ujian Akhir gak pernah belajar dan Facebookan tetap jalan.), dan semua hal yang buat "Bad Mood" ada pada masa itu, akhirnya saya pun mendapatkan hasil dari apa yang saya korbankan, yaitu Nilai, dan Liburan!!! Liburan saya gunakan untuk menggunakan Internet dan Laptop dengan gila-gilaan hampir setiap hari nya. Baru sekitar 4 hari saya libur saya sudah mulai merasa bersalah melakukan itu dan merasa bersalah juga menuliskan Baris Paragraf ini. Saya mulai berfikir bahwa liburan itu sebaiknya digunakan untuk terus berkarya dan menghasilkan hal yang Positif, bukannya gila-gilaan make laptop dan Internet, mana hal yang dihasilkan kadang-kadang Negatif pula --" . Pada hari ke empat inilah saya mulai kembali ngeblog, visiting ke Website/ Blog orang (untuk mencari Inspirasi) dan menghasilkan karya (Seperti Artikel tentang GIMP ini, dan hasil Photo Editing menggunakan GIMP). Walaupun sudah kehilangan banyak Visitor T__T .

       Saya rasa sudah cukup berita tentang kesuraman saya selama ini. Dan anda pun kembali saya ajak untuk mempelajari satu lagi aplikasi Open Source di bidang Grafis, karena saya memang gak ada duit buat beli Software berbayar seperti CorelDraw di ManggaDua.  dan bila menggunakan Photoshop Laptop saya suka error sendiri. Sejak pertama kali saya menyentuh yang namanya "Komputer" dan masih menggunakan Sistem Operasi Ubuntu (Lagi-lagi Open Source, dan Lagi-Lagi karena masalah keterbatasan Ekonomi) pada kelas 3 SD, saya sudah mengenal/dikenalkan dengan Software Grafis yang diberi nama GIMP ini. Walau dipaksa menggunakan software serba Open Source (dan Komputer cacat pabrik) hati saya tetap tertuju pada Software berbayar terlebih Microsoft Windows Xp(OS) , photoshop,danOffice 2003. Tapi dari dampak ini saya jadi bisa mendapatkan banyak pelajaran berharga, seperti Menggunakan Terminal pada Ubuntu Linux, Open Office sampai GIMP. Dulu saya tidak pernah berfikir untuk menggunakan GIMP untuk editing Photo, sering nya digunakan untuk memperkecil photo yang mau di upload ke Facebook doang. Sekarang ini baru kepikiran kayak nya GIMP enak buat editing photo karena memang Aplikasi nya yang ringan dan gak seberat PhotoShop. Pas saya coba cari-cari tutorial nya di Internet dan saya terapkan ke beberapa Photo yang saya punya ternyata enak dan Gampang juga make GIMP,dan gak pernah error pas dipakasi. Ya, lagi-lagi karena keterbatasan Ekonomi buat beli Laptop/PC spek tinggi (minimal Intel i5 lah) untuk menjalankan Photoshop yang menuntut hardware canggih biar gak "Ngehang/Lag/error" pas dipakai, saya jadi selalu males make Photoshop buat editing.  

Berikut Ini beberapa contoh photo yang berhasil saya edit menggunakan GIMP.
 (Sorry masih pakai hosting photo Facebook)
Selective Colorization (Gimp Tutorial)

Selective Colorization (Gimp Tutorial)
Sepia Toning(Gimp Tutorial)


Untuk mendapatkan aplikasi GIMP bisa diDownload di  http://www.gimp.org/downloads/ (Untuk pengguna Linux dapat di sudo "apt-get install" tanpa tanda kutip, di Terminal)

Untuk Tutorial bisa didapatkan di http://www.gimp.org/tutorials/




SELAMAT MENCOBA
Sekian dan Terimakasih 

Share:

0 komentar